Character Building : Agama ( Wawancara dengan Tokoh Agama Budha )

Hallo semuanya, kami ingin memposting tentang tugas kelompok Character Building : Agama. Pilihan kami mewawancara 3 tokoh agama, yaitu Islam, Kristen, dan Budha. Oke, perkenalkan pertama kami mewawancara tokoh Budha yang bernama Biksu Thong, beliau adalah Biksu di Vihara Ekayana. Kami berkunjung terlebih dahulu ke Vihara Ekayana untuk membuat janji pada tanggal 20 Desember 2017, lalu Vihara itu mengabarkan untuk membuka sesi wawancara pada tanggal 5 Januari 2018 hari Jum’at

Kami berkumpul pukul 8 di Bina Nusantara University Anggrek dan kemudian melanjutkan perjalan dengan menggunakan motor ke tempat tersebut dan sesampainya kami kami langusng bertemu dengan narasumber dan  kami langsung melanjutkna kebagian wawancara. Kegiatan wawancara juga berjalan dengan lancar, beliau menjawab semua pertanyaan yang kami ajukan.

Pertanyaan

1. Apa arti agama itu sendiri bagi budha atau menurut pandangan anda?

“Kalau kita berbicara tentang agama, pertama kita harus tahu terlebih dahulu kata agama itu apa. Agama berasal dari bahasa sansekerta yang berarti ajaran mulia yang diturunkan yang bisa membawa transformasi yang baik bagi manusia. Jadi menurut budha agama adalah ajaran yang bisa membawa kita menuju kedamaian”

2. Karena tentang keberagaman, kami rasa keberagaman agama mempunyai komponen yang paling penting yaitu Toleransi. Menurut pandangan anda , definisi toleransi itu apa ?

“Agama Budha melihat semua agama lain merupakan suatu paham pandangan yang berbeda terhadap jalan menuju ke penugasan.  Kalau kita me-refers ke kitab suci , ada beberapa kelompok keagamaan di india pada masa itu oleh Budha sendiri digolongkan sebagai pandangan kala. Maksudnya ada beberapa kelompok yang belum mengerti tentang kebebasan sejati akan tetapi agama Budha melihat semua agama memiliki tujuan yang baik sehingga ajaran Budha diberikan pengertian kepada umat-umat budha untuk menghormati agama lain.”

Daftar Anggota  yang hadir

  1.     Mohammad Akbar  (2001597253)
  2.     Vicky Fahreza Racasiwi (2001599050)
  3.     Abdurahman (2001598073)
  4.     Decky Putra Setiawan (2001695664)
  5.     Irvan Kurniawan (2001594895)
  6.     Deden Ridho Saputra (2001619494)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *