Character Building : Agama ( Wawancara dengan Tokoh Agama Katolik )

Hallo semuanya, kami ingin memposting tentang tugas kelompok Character Building : Agama. Pilihan kami mewawancara 3 tokoh agama, yaitu Islam, Kristen, dan Budha. Oke, perkenalkan pertama kami mewawancara tokoh Katholik yang bernama Romo Billy, beliau adalah pastor di Gereja Bunda Maria Kartel. Kebetulan dari salah satu kelompok kami memang sering beribadah di gereja ini makanya beliau kenal dengan Romo Billy , kami janjian dengan Romo Billy pada tanggal Sabtu, 6 Januari 2018. Wawancara dilakukan pada tanggal 8 Januari 2018

Kami berkumpul pukul 8 di Bina Nusantara University Anggrek dan kemudian melanjutkan perjalan dengan menggunakan motor ke tempat tersebut dan sesampainya kami kami langusng bertemu dengan narasumber dan  kami langsung melanjutkna kebagian wawancara. Kegiatan wawancara juga berjalan dengan lancar, beliau menjawab semua pertanyaan yang kami ajukan.

Pertanyaan

1. Karena tentang keberagaman, kami rasa keberagaman agama mempunyai komponen yang paling penting yaitu Toleransi. Menurut pandangan anda , definisi toleransi itu apa ?

“Sesuatu yang harus diterima dari kita lahir, karena saat kita lahir sudah ada perbedaan. Dan toleransi juga bisa diartikan dengan rasa respect, rasa saling menghargai antar sesama, bahwa setiap manusia tidak terlepas dari Agamanya dia apa akan saling membutuhkan pada akhirnya ”

2.Menurut Romo , gimana pendapat nya tentang konflik ke agamaan?

“Itu karena dia tidak menyadari bahwa disaat dia lahir keberagaman sudah ada , selanjutnya menurut saya ialah karena lingkungan sekitarnya sehingga dia tidak punya rasa respect. Kalau dia sudah menyadari bahwa sejak lahir keberagaman sudah ada seharusnya dia akhirnya mengatakan dalam dirinya bahwa ya ini keadaan saya sekarang seperti ini, saya tidak bisa memaksa keadaan untuk mengikuti saya kalau keadaaan itu lebih dulu ada dari saya kecuali kita berbicara tentang yang dulu ”

Daftar Anggota  yang hadir

  1.     Mohammad Akbar  (2001597253)
  2.     Vicky Fahreza Racasiwi (2001599050)
  3.     Abdurahman (2001598073)
  4.     Decky Putra Setiawan (2001695664)
  5.     Irvan Kurniawan (2001594895)
  6.     Deden Ridho Saputra (2001619494)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *